SOAL UAS PEMASARAN I


Petunjuk Pengerjaan:


  • Bacalah petunjuk pengerjaan dengan sebaik-baiknya, baru jawab soal-soal yang ditanyakan/ diminta. 
  • Jawablah soal-soal yang ada sesuai dengan petunjuk pengerjaan yang diberikan. 
  • Kerjakan ujian ini dengan diketik komputer. Gunakan kertas A4 dengan margin atas-bawah dan kiri-kanan 2,5 cm, font Times New Roman, ukuran font 12, dan spasi 1,5. 
  • Pada lembar pertama kertas jawaban anda tulislah: Nama Matakuliah & Kode Matakuliah, Nama Anda, Nomor Induk Mahasiswa (NIM), Semester, dan Tanda Tangan. Baru kemudian pada lembar-lembar berikutnya anda tuliskan jawaban anda. 
  • Jawaban untuk setiap soal paling kurang 1 halaman penuh. 
  • Soal ujian tidak perlu ditulis ulang pada kertas jawaban anda. 
  • Jawablah soal-soal yang ditanyakan menurut pendapat anda tetapi sesuai dengan materi perkuliahan yang telah kita pelajari. 
  • Anda dilarang keras untuk mencontek, mencontoh, ataupun copy paste jawaban milik mahasiswa lain. Dosen akan memeriksa setiap jawaban mahasiswa. Apabila terdapat indikasi pelanggaran terhadap ketentuan di atas, maka mahasiswa yang mencontek maupun yang memberikan contekan kedua-duanya tidak akan dinilai ujiannya. 
  • Jawaban ujian ini wajib dikumpulkan pada hari ujian. Apabila anda mengumpulkan jawaban ujian telat dari waktu yang ditentukan, maka jawaban anda tidak akan diterima/ akan diberi pengurangan nilai.
 

Selamat mengerjakan dan semoga anda sukses...



 UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCABUDI
FAKULTAS EKONOMI

Jl. Jenderal. Gatot Subroto Km. 4,5 Medan 20122, PO. BOX. 1099, Telp. 061-8456741


 
UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL T.A. 2012/ 2013
Mata Kuliah              : MANAJEMEN PEMASARAN I
Program Studi           : MANAJEMEN
Hari/ Tanggal            : 16 Januari 2013
Semester/ Waktu       : Ganjil
Dosen Penguji            : H. Henry Aspan, S.E., M.A. (Cand.) M.H., (Cand.) DR.
                                      Febrian Bodro Saksono, S.Kom., MM.


1.         Dalam konteks orientasi manajemen pemasaran, ada 5 konsep (konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, dan konsep pemasaran berwawasan sosial) yang mungkin menjadi dasar bagi sebuah perusahaan dalam merancang dan melaksanakan strategi pemasarannya. Jika anda menjadi menjadi seorang direktur/ manajer pemasaran sebuah perusahaan yang ada di Indonesia, maka konsep manakah yang akan anda pilih untuk menjadi dasar bagi strategi pemasaran perusahaan anda tersebut? Mengapa? Jelaskan pilihan anda tersebut! Berikan ilustrasi/ contoh untuk memperkuat jawaban anda tersebut!

2.         Dalam buku karangan Kotler & Amstrong jilid I telah dijelaskan berbagai aspek tentang pemasaran jasa. Dari apa yang diterangkan dalam buku tersebut, menurut anda apa faktor utama yang menjadi kunci kesuksesan proses pemasaran jasa tersebut? Jelaskan! Berikan contoh/ ilustrasi untuk memperkuat jawaban anda tersebut!

3.         Sebuah perusahaan yang baik seharusnya tidak hanya memikirkan keuntungan finansialnya semata tapi juga harus memperhatikan tanggung-jawab sosial dari produk yang dipasarkannya. Sekarang coba jelaskan contoh perusahaan/ usaha yang memasarkan produk-produk yang tidak baik/ berdampak buruk bagi masyarakat tetapi menyamarkannya dalam tampilan, iklan, dan citra yang baik! Bagaimana tanggapan anda terhadap kondisi bahwa di satu sisi banyak masyarakat yang dirugikan dari produk tersebut tetapi di sisi lain banyak pula orang yang menggantungkan hidupnya dari kegiatan produksi dan pemasaran produk tersebut? Menurut anda apa tindakah yang harus dilakukan pemerintah untuk menyikapi hal ini? Jelaskan jawaban anda!

4.         Iklan merupakan aspek yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran. Seorang pemasar dapat menggunakan berbagai macam media untuk mengiklankan produk yang ditawarkannya. Beberapa di antaranya adalah media televisi, media surat kabar, media radio, media luar ruang (papan reklame/ bilboard), dan media online (internet). Menurut anda apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing media yang telah disebutkan di atas terkait dengan penggunaannya sebagai sarana untuk beriklan? Jelaskan! Selanjutnya bayangkan bahwa anda adalah seorang manajer pemasaran dari perusahaan pakaian dalam wanita merk Triumph. Menurut anda, media iklan manakah yang paling cocok untuk memasarkan produk anda tersebut? Jelaskan alasan mengapa anda memilih media tersebut!


= Selamat Mengerjakan dan Semoga Berhasil =


Catatan:
·            Dilarang mencontek/ copy paste jawaban mahasiswa lain. Apabila terindikasi ada jawaban yang sangat menyerupai, maka semua mahasiswa yang jawabannya serupa tersebut akan diberikan hukuman (penalty).
·            Penilaian utama dari ujian ini ada pada bobot penjelasan, argumentasi, dan contoh-contoh yang anda sampaikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar